Cara Menghilangkan Password di Excel

fpenet.org – Bagi Anda para pengguna Ms. Excel tentu mengetahui bahwa aplikasi tersebut bisa dilindungi dengan menggunakan password. Artinya data yang ada di dalamnya akan dikunci atau diproteksi dengan password tersebut. Tapi bagaimana dengan cara menghilangkan password di Excel yang dikunci? Tenang saja, caranya juga sama mudahnya dengan mengunci data.

 

Apabila Anda mengunci dan memproteksi seluruh data di Excel dengan memakai kata kunci, maka Anda masih bisa menghapus passwordnya. Password tersebut juga bisa diganti atau diubah kapan pun Anda mau. Namun, jika Anda ingin menghapus password itu maka pastikan bahwa data di sana aman jika tak dikunci atau setidaknya bukan data yang terlalu penting sehingga tak perlu diproteksi.

 

Cara Menghilangkan atau Menghapus Kata Kunci pada Excel

Menghilangkan password excel 2016 caranya tidak terlalu berbeda dengan cara menghapus password tersebut di versi excel lainnya. Berikut ini tata cara dalam menghilangkan kata sandi pada Ms. Excel:

  • Buka file atau berkas ecxel yang telah dikunci tadi, terlebih dahulu.
  • Klik Office Button dalam halaman excel.
  • Nanti akan muncul jendela Encrypt Document. Di sana sudah ada kode sandi yang disematkan pada file. Namun tak berupa huruf.
  • Maka tekan Delete saja untuk menghilangkan kata-kata yang tak terlihat di sana.
  • Klik Ok.

 

Password yang digunakan di Ms Excel

Ketika Anda memiliki data-data penting yang disimpan di excel, misalnya data perusahaan tempat Anda bekerja sebaiknya Anda memproteksi data tersebut. Dengan memasang password di sana maka tak ada orang yang bisa membukanya. Nanti secara otomatis excel akan meminta password untuk membuka excel yang dilindungi tersebut. 

 

Penggunaan kata kunci atau password ini akan meminimalisir risiko dibukanya file excel oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Apalagi jika datanya terkait dengan rahasia perusahaan yang tak boleh diketahui oleh sembarang orang. Bagi orang-orang yang memasang kata sandinya di aplikasi excel, biasanya karena ingin melindungi data atau dokumen yang sangat penting.

 

Namun tak sedikit juga orang yang merasa bahwa adanya kata kunci itu malah menghambat pekerjaan mereka. Misalnya penggunaan kata sandi lebih ribet ketika pengguna akan membuka file tersebut, dan masalah lainnya. Untuk itu, dibutuhkan langkah-langkah yang tepat dan mudah untuk menghapus kata sandinya.

 

Ms. Excel dikenal sebagai salah satu perangkat lunak bagian dari microsoft yang secara umum melakukan pekerjaan seperti mengkalkulasi data dengan mudah. Kemudahannya mengkalkulasi dan mengolah data membuat excel banyak digunakan untuk menyimpan data-data penting. Itulah sebabnya dibuat password untuk melindungi yang terdapat di dalam excel itu sendiri.

Baca Juga : Cara Scan di Printer Canon Untuk Laptop Dengan Praktis

Fungsi utama dari excel ini adalah mampu mengolah data dalam jumlah besar dan banyak. misalnya dalam bentuk tabel yang saling berurutan. Dan dengan memasang kata sandinya, cara menghapus/menghilankannya pun terbilang mudah. Sehingga Anda masih bisa menggunakan password atau menghilangkannya kapan saja.