Cara Mendapatkan Product Key Microsoft Office 2016

fpenet.org – Ada kalanya kita membutuhkan product key atau product codes pada saat menginstall ulang Microsoft Office di komputer maupun laptop. Akan tetapi, mungkin sebagian dari kita sudah menghilangkan datanya atau bahkan tidak mengetahui kuncinya sama sekali sejak awal. Pasalnya, pada Office versi baru, seperti 2016 tidak menunjukkan kunci produk secara interface sebanyak 25 digit.

Jika sudah demikian, kita tentu akan merasa panik, bukan?. Namun tenang saja, kami akan berikan solusinya agar Anda dapat mengetahui cara mendapatkan product key Microsoft Office 2016 gratis. Penasaran bagaimana tutorialnya? Simak artikel informatif ini sampai habis, ya!

Apa Itu Product Key?

Product key merupakan kumpulan kode yang berguna untuk memasang dan mengaktifkan suatu perangkat lunak atau program aplikasi pada komputer. Disebut juga sebagai software key, adanya produk kunci ini menunjukkan bahwa suatu program komputer dibeli secara legal atau bersifat original.

Biasanya, kode pada kunci produk terdiri dari beberapa alfanumerik nan unik dengan panjang yang beragam sesuai kebutuhan perangkat lunaknya. 

Bagaimana Product Key/Product Codes Ini Digunakan?

Bisa dibilang bahwa kunci produk adalah seperti kata sandi untuk sebuah program komputer. Kata sandi tersebut akan diberikan oleh pihak penjual program kepada pembelinya agar dapat mengakses program yang dibeli. Tanpa adanya kata sandi maka kemungkinan besar program tersebut tidak dapat dibuka apalagi digunakan.

Lalu, Bagaimana Cara Memperoleh Product Key Microsoft Office tahun 2016?

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa kode produk diberikan sesaat setelah membeli program komputer. Akan tetapi, tentu ada kemungkinan dari kita menghilangkan kodenya dan ternyata di kemudian hari membutuhkannya kembali. Jika hal itu terjadi, silakan ikut langkah-langkah berikut ini agar memperoleh kembali kodenya.

  1. Pertama, carilah kunci produknya terlebih dahulu. Ada beberapa metode yang bisa dicoba, yaitu sebagai berikut.
  • Apabila Anda membeli komputer namun Microsoft Office-nya telah terpasang sekaligus terdaftar maka carilah kodenya pada stiker hologram yang ditempel di komputer tersebut.
  • Apabila Anda memiliki wadah atau disc-nya, carilah kuncinya pada kartu atau stker yang disertakan.
  • Apabila membelinya di Microsoft Store, silakan cari tanda terimanya di email/surel.
  1. Jika tidak bisa menemukan tanda terimanya, silakan mencari kuncinya dengan sign in ke akun Anda di online store-nya Microsoft melalui beberapa langkah berikut.
  • Masuklah ke akun Anda pada tautan https://www.microsoftstore.com/
  • Tekan menu “Order history”.
  • Pilih pesanan (Order) Anda.
  • Pilih “Install Office”.
  • Pilih “Hi. Let’s get your Office” aga kunci bisa ditampilkan.
  1. Apabila Office terpasang melalui Microsoft HUP, silakan ikuti langkah-langkah berikut.
  • Masuklah ke https://microsofthup.com/.
  • Pilih “Order history”.
  • Ketikkan alamat email yang digunakan untuk membeli MS.Office-nya.
  • Tunggu beberapa saat maka sebuah pesan berisi tautan akan masuk pada email yang didaftarkan.
  • Klik tautannya, lalu klik nomor pesanan Anda untuk menampilkan kunci produknya.
  1. Jika sebelumnya pernah memasang dan menggunakan kata sandi untuk Ms.Office, maka carilah kodenya pada informasi akun dengan cara berikut ini.

 

  • Klik “Install from a disc”.

 

  • Pilih “I have a disc”.
  • Pilih “View your product key”.

 

 

Apabila setelah melakukan langkah-langkah di atas Anda tetap tidak mendapatkan software key-nya maka alternatif solusinya adalah dengan menghubungi pihak Microsoft secara langsung melalui https://support.microsoft.com/en-us/contactus dan pilihlah “Get Started”.

Baca Juga : Cara Membuat dan Mengekstrak Zip File

Baiklah, itu dia penjelasan mengenai bagaimana cara mendapatkan product key Microsoft Office 2016 gratis yang mudah dilakukan. Semoga setelah mengetahui informasi ini Anda tidak akan kebingungan lagi ketika ingin memasang ulang program Ms.Office. Selamat mencoba!